Jumat, 03 Januari 2014

Rekam Video Diam-diam, Sepasang Turis di Afrika Diamuk Gajah

Limpopo - Seekor gajah jantan menyerang sepasang turis yang sedang membuntutinya naik mobil di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Diduga, mereka mengikuti gajah tersebut untuk merekamnya, tapi justru diamuk hingga mobilnya hancur.

Awal tahun 2013, seekor gajah menyerang mobil yang ditumpangi turis asal China. Dilansir dari situs Enca, Kamis (2/1/2014) peristiwa gajah Afrika menyerang turis lagi-lagi kembali terjadi pada Selasa (31/12/2013) lalu.

Kali ini, kejadiannya adalah di Pretoriuskop, bagian selatan dari Taman Nasional Kruger. Seekor gajah jantan menyerang sepasang turis pria dan wanita yang naik mobil Volkswagen berwarna biru. Gajah tersebut pun juga mengamuk dengan menginjak-injak mobilnya.

"Rupanya, kedua turis ini merekam gajah tersebut diam-diam hingga gajah tersebut berbalik dan menyerangnya. Gajah itu mendorong mobilnya hingga sejauh 400 meter ke dalam semak-semak. Menurut saksi mata, hewan itu sangat agresif dan turis tersebut meminta bantuan pada ranger kami," ujar juru bicara dari Taman Nasional Kruger, Ike Phaahla.

Dari foto yang beredar, mobil Volkswagen terlihat hancur di bagian depannya. Kaca bagian depan pecah dan ada bekas lubang di bagian pintu depan sebelah kiri. Diduga, itu adalah hantaman dari gading gajah Afrika. Memang, gajah Afrika dikenal memiliki gading yang besar.

Sepasang turis tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Medi-Clinic di Nelspruit. Turis pria pun mengalami shock berat. Phaahla mengatakan, pihak taman nasional tidak akan memberitahu nama-nama turis tersebut hingga pihak keluarga datang.

Kejadian mengenaskan ini diduga kuat akibat fase musth yang biasa dialami oleh gajah jantan pada musim kawin. Fase ini mengakibatkan peningkatan kadar testosteron sehingga mereka menjadi agresif, bahkan ketika tak terancam. Selain itu, bahaya dalam fase ini adalah gajah jantan dapat mengalami frustasi jika tidak mendapat betina incarannya. Mereka pun bisa menyerang siapa saja, termasuk manusia!

"Kita perlu respek terhadap kehidupan mereka (gajah-red). Mereka adalah binatang liar dan berprilaku secara alami di alam liar. Perilaku mereka bisa sangat tidak terduga dan jika merasa terancam, mereka akan menyerang untuk membela diri," ungkap Phaahla.

Terlepas dari kasus penyerangan gajah ini, Phaahla menyatakan kegiatan safari di Taman Nasional Kruger berjalan dengan lancar. Para turis dapat naik mobil dan berkeliling padang savana untuk melihat aneka hewan di sana. Phaahla hanya menyarankan pada turis, untuk menjaga jarak terhadap para hewan agar lebih terjamin keamanannya.
Bagian depan mobilnya hancur parah dan sepasang turisnya dilarikan ke rumah sakit (Jackie Dickson/Twitter)Gajah Afrika yang punya gading dan dikenal berbahaya saat musim kawin (AFP)Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!

Silakan lihat artikel lengkapnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar