Senin, 06 Januari 2014

Indahnya Jantung Austria & Pesta Unik Pemadam Kebakaran

detikTravel Community -

Pesta warga di suatu kota kecil, terkadang mengajak wisatawan untuk ikut serta. Daerah Styria di Austria, tak hanya punya pemandangan cantik, namun warganya pun ramah dan mengajak wisatawan dalam pesta pemadam kebakaran.

Karena ada urusan pekerjaan, maka pergilah saya ke Wina, Autria. Kemudian ternyata saya juga diundang ke pabrik perusahaan yang terletak di Provinsi Steirmark (Styria). Untuk pergi ke sana naik ke sana disediakan tiket kereta. Namun perjalanan dengan kereta memakan waktu lebih dari 4 jam, padahal jaraknya hanya 120 km.

Saya pikir, lebih baik menyewa mobil saja, rute pekerjaan nanti dibayar perusahaan mereka, sisanya biar saya tanggung bila ternyata lebih lama memakai mobil sewaan itu. Yang menjadi masalah, sudah sekitar 10 tahun saya tidak menyetir di sebelah kanan, namun memilki SIM internasional. Tersedia GPS di mobil, jadi seharusnya aman kalau tidak memakai peta.

Besok paginya pukul 08.00 waktu setempat, mobil sudah datang, Mercedez sport 2 pintu. Sempat susah payah saya mendorong koper besar itu masuk, sambil diambil-ambil isinya lalu dipisah di dalam tas plastik. Saya pertama gagap menyetir di kanan karena sudah lama sekali.

Mobil ini memiliki GPS tapi dengan suara ibu-ibu berbahasa Jerman. Akhirnya saya masuk ke Auto Bahn, seperti jalan tol bila di Indonesia, namun tidak perlu membayar. Pemandangan musim semi bagus sekali di sepanjang jalan dari Wina ke Styria. Pohon-pohon mulai menghijau, semak-semak berbunga warna kuning.

Jalannya menanjak dan dipenuhi banyak pohon cemara di bagian atas, sungguh indah sekali. Tapi karena sendirian, saya tidak bisa memotret apa pun. Saya juga tidak boleh berhenti di tengah jalan kecuali darurat. Setelah sekitar 1 jam, GPS menyuruh saya mengambil exit di Hartberg.

Saya keluar di sana, dan mulai masuk jalan biasa. Sungguh tak terbayang indah sekelilingnya seperti negeri dongeng saja. Di kejauhan tampak pegunungan gugusan pegunungan Alpen. Sepanjang jalan pedesaan bunga-bunga mulai bermekaran. Saya melewati beberapa desa-desa kecil penuh rumah kayu khas Austria, dengan pot bunga bergantungan di balkon dan jendelanya.

Di rerumputan juga banyak bunga-bunga daisy berwarna kuning. Di setiap bundaran jalan, bunga-bunga aneka warna pun bermekaran. Saya juga melewati tepi sungai dan hutan kecil. Saya tiba di kota kecil bernama Weiz tempat meeting diadakan.

Setelah meeting, saya memang akan menginap semalam di kota itu, diundang ke acara pesta pemadam kebakaran oleh orang-orang di perusahaan malam harinya. Saya pikir, kalau kita di Indonesia, orang datang jauh-jauh, biasanya akan diundang makan malam di restoran atau hotel, tapi ini kok malah pesta pemadam kebakaran sih?

Saya dijemput pukul 19.00 waktu setempat dan kami ber-5 menuju ke sebuah desa. Di sana ada tenda besar di tengah lapangan, dan dari dalam terdengar suara musik khas Austria yang gembira. Saya melihat banyak orang memakai leder hose dan baju tradisional Austria.

Mereka semua ramah sekali. Terdapat tempat duduk panjang dengan meja besar-besar untuk siapa saja, mungkin ada sekitar 1.000 orang tua, muda, sampai anak-anak. Rupanya pesta ini biasa diadakan untuk menggalang dana bagi pemadam kebakaran. Di Weiz, menjadi pemadam kebakaran adalah sukarela dari warga setempat, seperti siskamling kalau di kita.

Jadi kalau di desa atau kota kecil, begitu ada kebakaran, semua laki-laki, yang pada umumnya adalah anggota pemadam kebakaran, sigap memberikan pertolongan begitu mendengar sirine. Walau tentunya ada juga pegawai tetap yang berjaga di kantor.

Pestanya meriah sekali, orang-orang berdansa diiringi musik, memesan minuman dan makanan dan kue-kue produksi setempat. Semua orang boleh datang, tidak ada undangan khusus. Suasana pesta ini sangat kekeluargaan, saya merasa senang sekali.

Kalau pun ada yang tidak bisa berbahasa Jerman, orang-orang tetap sangat ramah tersenyum. Saya jadi berpikir, ternyata rasa kekeluargaan dalam satu komunitas itu bukan hanya di Timur saja adanya, di Barat pun masih kental.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!