Minggu, 05 Januari 2014

'Perawan' Cantik dari Cianjur Itu Bernama Curug Ngebul

detikTravel Community -  

Di Cianjur, ada sebuah curug atau air terjun yang belum tersentuh oleh wisatawan, Curug Ngebul namanya. Keindahannya bagaikan perawan cantik yang belum terjamah. Cobalah bertualang ke sana akhir pekan ini.

Curug Ngebul terletak di Desa Bunijaya, Kecamatan Pegalaran, selatan Cianjur. Curug ini belum terjamah wisatawan, dengan panorama alam yang sangat indah, serta keterisolasian area semakin menambah keindahan curug ini.

Curug ngebul, demikian dikatakan orang kampung di sekitarnya mengenai curug ini. Dikatakan Curug Ngebul, karena konon ada cerita bahwa ada putri yang mandi di curug ini dan airnya tiba-tiba ngebul, berasap.

Versi lain, air dari curug ini beruap karena terpaan ke batu di bawahnya, sehingga selalu terlihat ngebul. Memang untuk sampai ke bawah curug ini agak susah, karena hamburan airnya yang cukup banyak sehingga jarak pandang sangat dekat.

Lokasi curug ini terletak di Kecamatan Pagelaran, Cianjur selatan. Untuk mengakses curug dengan kendaraan roda empat, dari jalan raya Pagelaran ke Desa Bunijaya sekitar 1,5 jam, selanjutnya disambung dengan kendaraan roda dua sekitar 1 jam, dan dilanjutkan lagi dengan jalan kaki sekitar 45 menit. Kita meniti pematang sawah dan membelah hutan untuk mencapai curug ini.

Perjalanan menuju Desa Bunijaya sungguh sangat indah dengan hamparan sawah terasering, sungai deras yang jernih, serta keramahan penduduk. Semua hal itu menyebabkan perjalanan menjadi tidak terasa berat.

Keindahan Curug Ngebul dan keterisolasian curug ini membuat kami betah menikmati keindahan curug, sungai, dan alam hutannya. Semoga curug ini tetap indah dan tidak dikotori oleh wisatawan.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!

Selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar